Liebherr baru saja memperkenalkan TA 230 Litronic –articulated dump truck (ADT) generasi baru yang pertama. Dikembangkan secara khusus untuk aplikasi-aplikasi off-road yang menantang, mesin segala medan yang kuat dan bertenaga ini menggunakan front-end yang didesain ulang untuk menghasilkan ground clearance maksimal demi performa off-road yang unggul.

Misalnya, transmisi powershift yang ukurannya ringkas dipasang di bawah kabin operator sehingga benar-benar aman, sementara sistem aftertreatment gas buang telah ditempatkan di belakang kabin untuk menghemat ruang.

Sambungan putar artikulasi dengan penguncian positif dari ADT ini dirancang baru, yang didesain untuk menahan beban maksimal dan menghasilkan distribusi tenaga yang optimal. Hal ini diklaim memberikan kemampuan off-road yang sangat baik dan kemampuan manuver maksimal.

Ditenagai oleh engine 6 silinder yang sesuai dengan Stage V, TA 230 Litronic menghasilkan tenaga 265kW (360hp) melalui transmisi powershift otomatis delapan kecepatan, menghasilkan kecepatan maju maksimum 57 km/jam (16 km/jam saat mundur).

ADT TA 230 Litronic ini memiliki dump body yang besar dan kokoh yang dirancang untuk mengangkut muatan efektif 28 ton (18,1 m3). Pabrikan ini melakukan sejumlah perbaikan untuk mempercepat dan menjaga efisiensi selama proses bongkar – muat, serta untuk menjamin pengangkutan material yang aman. Truk berat ini menggunakan sistem timbang inovatif, yang dipasang sebagai fitur standar. Timbangan itu menunjukkan melalui tampilan pada layar di kabin operator bobot muatan saat pemuatan, sementara di bagian belakang terpasang lampu pemuatan (opsional) yang menunjukkan tingkat pemuatan dari luar.

Untuk mempercepat penumpahan material selama pembongkaran, pinggir bagian dalam baknya diruncingkan, dan bak tersebut dipanaskan melalui pengaturan gas buang.

ADT ini menggunakan kabin yang luas, menciptakan kondisi kerja yang aman dan nyaman bagi operator. Kabin ini menggunakan jendela-jendela panoramik tanpa penyangga apa pun, serta kap mesin yang pendek dan miring. Desain seperti itu memungkinkan pengemudi selalu memiliki pandangan optimal saat berjalan dan ketika menurunkan bak.

Selain itu, tersedia layar sentuh dengan kamera belakang terintegrasi yang meningkatkan visibilitas ke area belakang, sementara elemen-elemen kontrol yang diatur secara ergonomis memudahkan operasi dump truck yang intuitif.

TA 230 Litronic mengaplikasikan sistem penerangan baru. Lampu-lampu depan LED memastikan peningkatan visibilitas dan keselamatan bagi operator dan para pejalan kaki. Tersedia lampu-lampu LED ekstra kuat (opsional) di bagian depan truk yang dapat menerangi seluruh area kerja. Penerangan di bagian belakang dump body dan paket lampu lain di bagian bumper menerangi area manuver pada  malam hari.

Sistem bantuan modern yang dipasang pada ADT ini membantu pengemudi,  meningkatkan keselamatan dan kenyamanan selama operasi. Selain sistem hill start dan speed assist, dengan fungsi hard stop, peredaman posisi akhir silinder pengangkat bak dapat diaktifkan atau dinonaktifkan dengan satu sentuhan tombol. Ketinggian angkat juga dapat dibatasi untuk pekerjaan di area dengan ketinggian yang perlu diawasi.

Kemudi yang bergantung pada kecepatan memberikan kenyamanan berkendara tambahan, dengan sistem kemudi adaptif yang terus menyesuaikan rasio gerakan kemudi dengan kecepatan saat ini. Hal ini memungkinkan manuver yang mudah dan akurat pada kecepatan rendah serta pengemudian yang akurat pada kecepatan yang lebih tinggi, ditambah lebih sedikit koreksi kemudi saat menikung.

Dengan desain check-up kendaraan yang cerdas dan berorientasi pada servis, TA 230 Litronic menawarkan konsep perawatan yang optimal. Berkat teknologi sensor yang cerdas, pemeriksaan rutin dump truck ini dapat dilakukan sendiri secara otomatis. Tidak hanya itu, gangguan (kerusakan) yang terjadi pada mesin ini akan ditampilkan pada layar kabin operator. Dampaknya, waktu penyetelan harian dapat dikurangi, biaya dihemat, dan daya tahan komponen-komponen diperpanjang.

Kap mesin yang dapat dibuka secara elektro-hidraulik, serta tangga lipat terintegrasi dengan tangga anti selip, menyediakan akses yang aman dan mudah ke seluruh ruang engine. Semua titik servis dapat diakses dengan mudah. Pekerjaan pemeliharaan dapat dilakukan dengan aman dan nyaman dari platform, sementara pengisian bahan bakar dapat dilakukan dari permukaan tanah. (Sumber: Liebherr)

Open chat
Halo, ada yang bisa saya bantu?
Visit Us On InstagramVisit Us On Facebook