Cummins Inc., yang dikenal sebagai pemimpin dalam segmen power global, dan Navistar International Corporation dikhabarkan akan bekerja sama dalam pengembangan truk yang ditenagai dengan sel bahan bakar hidrogen.

Proyek ini akan didanai sebagian melalui penghargaan dari Kantor Efisiensi Energi dan Energi Terbarukan (Office of Energy Efficiency and Renewable Energy/EERE)) Departemen Energi AS (DOE) yang sebelumnya diumumkan pada Agustus, sebagai bagian dari inisiatif “H2@Scale” DOE untuk mengembangkan produksi, penyimpanan, distribusi dan penggunaan hidrogen yang terjangkau.

“Kendaraan ini akan memanfaatkan konfigurasi sel bahan bakar generasi masa depan dan menjadi batu loncatan bagi kami untuk memajukan teknologi hidrogen untuk truk pengangkut barang,” kata Amy Davis, Wakil Presiden dan Presiden, New Power Cummins, melansir plantandequipment.com, Rabu (11/11).

“Kami juga bersemangat untuk membangun hubungan yang kuat dengan Navistar, yang telah berlangsung sejak 80 tahun yang lalu, dan bekerja sama untuk menurunkan biaya serta membuat kendaraan bertenaga hidrogen lebih mudah diakses oleh armada-armada.”

Penghargaan ini adalah salah satu dari dua hibah DOE yang diberikan kepada Cummins, dengan total nilai lebih dari $7 juta. Hal ini akan membantu pengembangan powertrain listrik sel bahan bakar terintegrasi untuk truk-truk heavy dengan kinerja operasional dan total biaya kepemilikan yang mendukung dalam jangka pendek, penetrasi pasar-pasar truk yang cepat dan substansial. Ini termasuk pengembangan solusi yang dapat diproduksi dan disesuaikan ukurannya dengan jangkauan yang telah terbukti sejauh 300 mil atau lebih dan penghematan bahan bakar yang semakin meningkat dibandingkan truk-truk heavy duty yang ada saat ini.

Powertrain akan diintegrasikan ke dalam International® RH™ Series dan menggunakan dua modul daya HyPM® HD90, yang terdiri dari tumpukan sel bahan bakar HD45 yang dihubungkan secara seri. Alih-alih memiliki satu sel bahan bakar besar yang beroperasi pada beban parsial yang tidak efisien, modul daya HD45 individual dapat dihidupkan/dimatikan untuk menyediakan daya yang memadai pada beban penuh yang efisien.

“Cummins adalah mitra terpercaya Navistar dan berkolaborasi dengan perusahaan itu dalam proyek ini merupakan tonggak penting dalam pembelajaran integrasi seputar fungsionalitas, adopsi, dan skalabilitas sel bahan bakar hidrogen sebagai sumber tenaga untuk kendaraan kelas 8,” kata Darren Gosbee, Wakil Presiden bidang Teknik Navistar.

“Hidrogen menawarkan peluang besar di sektor kendaraan komersial dan kami bangga menjadi bagian dari tim yang bekerja untuk mengembangkan solusi lengkap bagi para pelanggan.”

Nantinya prototipe truk sel bahan bakar kelas 8 akan menjalani uji lapangan selama setahun. Truk itu akan diintegrasikan ke dalam armada Werner Enterprises yang memiliki lebih dari 7.700 traktor.

“Integrasi ini sejalan dengan inisiatif Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola kami karena kami terus mencari cara-cara baru untuk mengurangi jejak karbon kami,” kata Scott Reed, Sr. Wakil Presiden Pembelian & Pemeliharaan Armada, Werner Enterprises.

Tujuan utama dari penghargaan DOE ini meliputi mencapai, memenuhi atau melampaui tuntutan-tuntutan performa powertrain diesel konvensional dan mengurangi biaya modal di muka sebesar 35 persen untuk membuat penerapan teknologi sel bahan bakar tanpa emisi layak untuk armada komersial. (Sumber: Cummins Inc)

Open chat
Halo, ada yang bisa saya bantu?
Visit Us On InstagramVisit Us On Facebook